search here

Wednesday 2 November 2016

5 Kesalahan Fatal Dalam Bisnis Franchise

Bisnis Franchise atau waralaba merupakan bisnis yang paling banyak digemari oleh banyak orang. Biasanya oleh para pemula dalam bidang bisnis, karena mereka masi sangat awam untuk mengetahui kesalahan fatal yang akan terjadi pada bisnis franchise atau waralaba tersebut. Bisnis ini tergolong mudah karena sangat gampang dalam hal promosinya, orang sudah banyak mendengar tentang suatu produk franchise atau waralaba yang kita perdagangkan. 
Dilihat dari segala segi franchise ini sangat mudah untuk dijalankan bagi pemula, karena hanya perlu menentukan produk mana yang kita pilih untuk dijual, kemudian tinggal berinvestasi untuk usaha tersebut dan tinggal menunggu keuntungan datang menghampirinya. Namun para pemula bisnis tidak menyadari akan hadirnya resiko yang akan mereka terima pada saat menjalankan bisnis ini. Berikut adalah 5 kesalahan fatal dalam bisnis franchise atau waralaba :
1. MENGGUNAKAN MODAL PINJAMAN BANK

Dalam berbisnis franchise memang produk yang kita jual sudah terkenal di kalangan masyarakat luas, namun kita harus ingat bahwasanya tidak ada perhitungan yang nyata atau tepat dalam kita menjalankan sebuah bisnis. Pemula yang menjalankan bisnis ini banyak memulai tanpa memikir panjang akan resiko dan kemungkinan terburuk yang akan mereka terima, apalagi jika mereka menggunakan pinjaman bank sebagai investor utama dalam bisnis mereka. 
Memang produk franchise ini terkenal, namun untuk menggunakan modal pinjaman bank tetaplah merupakan kesalahan fatal dalam menjalankannya, karena bank memiliki bunga pinjaman yang besar untuk pengembaliannya. Dan kita tanpa sadar telah membayar bunga pinjaman yang besar tersebut setiap bulannya, dan akhirnya hanya kerugianlah yang kita terima. Untuk itu hindarilah pinjaman modal usaha pada bank, karena ini hanya akan berdampak buruk untuk bisnis anda kedepan.

2. MINIMNYA PENGALAMAN BISNIS DI BIDANG FRANCHISE

Semua bisnis tentu membutuhkan pengalaman sebagai guru terbaik kita, namun bukan berarti kita harus modal nekat untuk mendapatkan sebuah pengalaman dalam bidan bisnis. Kita bisa melihat, membaca, dan mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain.

Dalam bisnis franchise, pengalaman yang minim merupakan boomerang bagi diri kita sendiri karena pengalaman minim akan membuat kita tergesa-gesa dalam mengambil kesimpulan. Itu berdampak sangat buruk untuk bisnis franchise yang kita jalani. Oleh karena itu pelajarilah pengalaman orang yang sudah duluan terjun dalam bisnis franchise ini, dan perhatikan permintaan pasar sebelum menjalankannya.
 
3. TIDAK FOKUS
 
Dalam dunia bisnis kegagalan akan tercapai apabila anda tidak fokus pada karis bisnis anda. Untuk itu anda diwajibkan fokus terhadap bisnis yang anda bangun, buatlah pembukuan dari setiap penjualan dan pembelian dalam kurun waktu tiap minggu. Hal ini akan memudahkan anda untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnis anda kedepan. 

0 komentar:

Post a Comment

 

Copyright © KUMPULAN ILMU KEREN Design by joan-aulia | Blogger Theme by Joan Rizki Aulia | Powered by Blogger